Selasa, 12 April 2011

Pengenalan Sepak Bola

 Pengertian Sepak Bola

Sepak bola adalah salah satu cabang olah raga yang sangat populer di dunia. Dalam permainan sepak bola terdapat dua tim yang saling berlawanan, yang mana pada setiap tim terdapat 11 orang/pemain dan disebut juga dengan kesebelasan yang berada dalam satu lapangan dan masing-masing tim berjuang untuk memasukkan bola ke dalam gawang tim lawan. Tujuan dari permainan sepak bola adalah untuk bertanding melawan tim lain di mana kedua tim tersebut saling memperebutkan sebuah bola yang bundar untuk dapat memasukkannya  ke dalam gawang tim lawan atau mencetak gol ke dalam gawang tim lawan.

Dalam bermain/bertanding sepak bola dilakukan di lapangan rumput atau disebut juga dengan lapangan sepak bola yang memiliki dua gawang, seorang wasit dan dua orang hakim garis.Tapi pada sepak bola seperti sekarang ini ada tambahan 2 hakim garis yang bertugas di sisi gawang kedua tim yang bertanding.
Waktu normal dalam satu pertandingan  sepak bola adalah 90 menit dan dibagi menjadi dua babak,maka masing-masing babak waktunya adalah 45 menit.Setelah 45 menit bertanding,kedua tim akan diberikan waktu istirahat sekitar 15 menit, dan setelah itu pertandingan akan dilanjutkan kembali. Pemenang dalam pertandingan sepak bola ditentukan oleh banyaknya gol yang sah yang diciptakan oleh salah satu tim sepak bola dalam waktu 2 X 45 menit.
Apabila dalam waktu normal kedua tim tersebut memperoleh hasil seri makan akan dilakukan penambahan/perpanjangan waktu 2 x 15 menit.Dan bila dalam penambahan/perpanjangan waktu hasilnya masih imbang atau seri akan diadakan adu penalty oleh kedua tim tersebut sampai salah satu tim tersebut ada yang menjadi pemenangnya.

Adapun syarat dalam suatu pertandingan sepak bola antara lain :
1. Lapangan Sepak Bola
2. Bola Sepak Bola
3. Jumlah Pemain
4. Wasit dan Asisten Wasit (Hakim Garis)
5.Peralatan dan Perlengkapan Pemain
6. Peralatan Wasit dan Asisten Wasit (Hakim Garis)
7. Tim Medis dan Peralatannya.
8. Lama Pertandingan/Permainan
9. Memulai dan Kembali memulai Pertandingan
dan masih banyak syarat serta peraturan yang lain yang telah ditetapkan oleh badan atau organisasi sepak bola baik nasional maupun dunia (internasional).

 Berlatih Sepak Bola

Dalam sepak bola terdiri dari beberapa pemain yaitu Kiper (Penjaga Gawang), Pemain Belakang, Pemain Tengah dan Pemain depan.
Sepak bola merupakan suatu usaha untuk mengontrol, menguasai, memberi umpan dan juga merebut kembali bola apabila sedang dikuasai oleh lawan. Untuk dapat bermain sepak bola dengan baik setiap pemain bola harus bisa menguasai teknik-teknik dasar sepak bola dengan baik juga.
Agar pemain dapat bermain dengan baik maka pemain tersebut haruslah menguasai teknik-teknik dalam bermain sepak bola.Adapun teknik dasar bermain sepak bola adalah di mana seorang pemain bola mampu melakukan kontrol bola,menguasai bola memberi umpan dan juga merebut bola serta melakukan gerakan-gerakan lainnya yang mendukung pemain tersebut dapat bermain bola dengan baik.
Teknik-teknik dasar dalam bermain sepakbola dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu :

1. Teknik dengan Bola, yaitu gerakan dilakukan dengan bola antara lain :

@.Controlling atau Kontrol Bola
@. Passing atau Umpan
@. Dribbling atau Menggiring Bola
@. Stopping atau Menghentikan Bola
@. Kicking atau Menendang Bola
@. Shooting atau Menembak bola
@. Heading atau Menyundul Bola
@. Throwing atau Melempar Bola
@. Steal atau Merebut Bola
@. Keeping atau Menangkap Bola

2. Teknik tanpa Bola, yaitu gerakan-gerakan yang dilakukan tanpa bola antara lain :

@. Sprint atau Lari Cepat
@. Jumping atau Meloncat
@. Sliding Tackle atau Mencegat Bola
@. Stamina Training atau Berlatih Fisik

Bila menguasai teknik dengan baik akan mendukung pemain untuk menjadi pemain yang handal dan juga akan mencapai tujuan dalam pencapain prestasi yang terbaik.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar